Jurnal Nasional Holistic Science
Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Nasional Holistic Science

Pengaruh Pembelajaran Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX SMP Nurul Huda

Febiyanto, Romy (Unknown)
jaya, Firman (Unknown)
Dari, Astin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis multimedia menggunakan google classroom terhadap minat belajar siswa kelas IX SMP Nurul Huda kapongan tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Nurul Huda Kapongan yang terdiri dari 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Obsevasi, Wawancara, Dokumentasi dan Angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan one way anova. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pembelajaran multimedia menggunkan Google Classroom pada mata pelajaran TIK bab Microsoft word di SMP Nurul Huda kapongan tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini ditunjukkan dengan hasil regresi linier sederhana. Adapun hasil regresi linier sederhana yaitu korelasi antara variabel X dan variabel Y rendah dan hasil dari perhitungan, diperoleh t-hitung=1,323 dan t-tabel=1,318 sehingga t-hitung=1,323 > t-tabel=1.318. Dengan demikian berdasarkan kriteria pengujian uji – t, h-1 diterima h-o ditolak artinya berdasarkan hipotesis awal H1 terdapat pengaruh pembelajaran multimedia menggunakan Google Classroom terhadap minat belajar siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

HS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Ilmu Holistik yang diterbitkan oleh Lembaga Riset Mutiara Akbar, Medan, Indonesia merupakan jurnal akses terbuka yang dapat digunakan sebagai media interaksi bagi seluruh cendikiawan di berbagai bidang pendidikan, ilmu sosial dan penelitian. Pokok bahasannya meliputi studi tekstual dan kerja ...