Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 5, No 2 (2018)

Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai upaya meningkatkan hasil Pembelajaranpembelajaran siswa tentang konsep penggunaan uangpada mata pelajaran IPS kelas III SDN 2 Ragawacana Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan”.

Euis Juansah (SDN 2 Ragawacana)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasis belajar siswa, Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar IPS pada konsep penggunaan uang dalam pembelajaran dengan menggunakan penerapan pendekatan CTL  pada siswa kelas III SD Negeri 2 Ragawacana Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan tahun pelajaran 2015/2016.Bentuk penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dalam dua siklus perbaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Ragawacana Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan tahun 2016 pada pelajaran IPS dengan jumlah populasi siswa sebanyak 26 orang.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) perencanaan tindakan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) pengamatan tindakan; dan (d) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata – rata 59,23 dari pra siklus,  63,08pada siklus 1 pertemuan 1, 68,08 pada siklus 1 pertemuan 2 dan  80,00 pada siklus 2 pertemuan 1, 84,61 pada siklus 2 pertemuan 2. Sementara dari prosesntasi ketuntasan terjadi peningkatan dari 46,15% pada pertemuan 1 Siklus I, menjadi 65,38% pada pertemuan 2 Siklus 1, Menjadi 84,62% pada petemuan 1 Siklus II dan menjadi 96,15% pada pertemuan 2. Dari data hasil diatas maka nilai dan ketuntasan selalu mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Sehingga dapat disimpukan sebagai berikut : Dengan penerapan CTL  dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas III SD Negeri 2 Ragawacana Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan Tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci :Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...