Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasis belajar siswa, Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar IPS pada konsep penggunaan uang dalam pembelajaran dengan menggunakan penerapan pendekatan CTL pada siswa kelas III SD Negeri 2 Ragawacana Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan tahun pelajaran 2015/2016.Bentuk penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dalam dua siklus perbaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Ragawacana Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan tahun 2016 pada pelajaran IPS dengan jumlah populasi siswa sebanyak 26 orang.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) perencanaan tindakan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) pengamatan tindakan; dan (d) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata – rata 59,23 dari pra siklus, 63,08pada siklus 1 pertemuan 1, 68,08 pada siklus 1 pertemuan 2 dan 80,00 pada siklus 2 pertemuan 1, 84,61 pada siklus 2 pertemuan 2. Sementara dari prosesntasi ketuntasan terjadi peningkatan dari 46,15% pada pertemuan 1 Siklus I, menjadi 65,38% pada pertemuan 2 Siklus 1, Menjadi 84,62% pada petemuan 1 Siklus II dan menjadi 96,15% pada pertemuan 2. Dari data hasil diatas maka nilai dan ketuntasan selalu mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Sehingga dapat disimpukan sebagai berikut : Dengan penerapan CTL dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas III SD Negeri 2 Ragawacana Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan Tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci :Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)
Copyrights © 2018