Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 8, No 1 (2021)

PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI MEDIA KOMIK SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI

Tri Mulyati (Universitas Islam Sultan Agung)
Rida Fironika Kusumadewi (Universitas Islam Sultan Agung)
Nuhyal Ulia (Universitas Islam Sultan Agung)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

 Kegiatan belajar interaktif bukan menekankan pada hasil namun lebih ke proses belajar, sehingga bagaimana seorang guru dapat membuat siswa lebih mudah menguasai pelajaran yang tidak diperoleh dari kegiatan menghafal namun dari mengalami atau pengalaman. Dalam mempermudah memahami pelajaran perlunya alat atau media penunjang, pada masa pandemic media memiliki peran penting dalam meraih tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pembelajaran interaktif melalui media komik bagi siswa kelas II sebagai solusi pembelajaran dimasa pandemi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Data hasil penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan angket yang diambil dari beberapa responden sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran interaktif melalui media komik sebagai solusi pembelajaran dimasa pandemic cukup memenuhi kriteria dan memberikan nuansa baru dalam pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan pendidik menguasai strategi yang digunakan dan memaksimalkan dalam penggunaan media.Kata kunci: pembelajaran interaktif, media komik, pandemi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...