Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 7, No 2 (2020)

PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATERI BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUBUH PADA HEWAN DAN TUMBUHAN

Norma Azizah (Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon)
Dian Permana Putri (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Setiyani Setiyani (Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2020

Abstract

Pengembangan media pembelajaran merupakan serangkaian proses atau kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berdasarkan teori yang ada dan validasi sebuah produk agar layak digunakan untuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil desain pengembangkan media scrapbook pada materi bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan. (2) validasi dari para ahli mengenai pengembangan media scrapbook. (3) praktikalitas media scrapbook. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Model pengembangan yang digunakan model 4-D menurut Thiagaradjan. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu RD (Research and Development), Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, validasi, dan instrumen penilaian praktikalitas. Kelayakan media diperoleh dari dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media, sedangkan data praktikalitas diperoleh dari 5 orang guru sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media scrapbook layak untuk digunakan dengan perolehan skor oleh validator ahli materi sebesar 75 dengan presentase nilai 75% termasuk dalam kategori cukup valid dan untuk validator ahli media memberikan skor 97 dengan presentase nilai 97% termasuk dalam kategori sangat valid. dan untuk praktikalitas diperoleh rata-rata nilai 83,8 dengan presentase nilai 83,8% termasuk dalam kategori sangat praktis.                                             Kata Kunci: pengembangan; media; scrapbook.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...