Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang dilakukan guru kelas di SD Negeri Sidorejo pada mata pelajaran PKn di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pengambilan data berupa wawancara yang dilakukan kepada kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua, observasi kepada kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua, serta pencermatan beberapa dokumen pendukung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan merupakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan analisis metode pembelajaran yang digunakan oleh guru di SD Negeri Sidorejo pada mata pelajaran PKn di masa pandemi Corona/COVID-19. Metode yang digunakan guru diantaranya ceramah melalui voicenote, demonstrasi secara langsung secara terbatas maupun demonstrasi melalui video, pemberian contoh melalui foto, penugasan secara tertulis yang diberikan via WhatsApp maupun siswa atau orang tua mengambil tugas di sekolah, dan praktek yang divideokan dan dikirim melalui aplikasi WhatsApp.Kata Kunci: metode pembelajaran; pembelajaran daring; pandemi covid-19.
Copyrights © 2020