Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan strategi pembelajaran kolaboratif dalam maharah kitabah dengan proses pembelajaran yang tatap muka di MA Asy-Syifa Totikum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tiga teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa dengan diterapkannya strategi kolaboratif dalam pembelajaran kitabah hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Adapun penerapan strategi kolaboratif dalam pembelajaran kitabah bahasa Arab dilakukan melalui tahap-tahap: menentukan tujuan belajar, membagi siswa ke dalam kelompok yang heterogen berdasarkan hasil nilai lapor bahasa Arab dan jenis kelamin, guru memberikan tugas menulis bebas kepada semua siswa, siswa diminta untuk memilih tema yang sudah ditentukan kemudian siswa menulis berdasarkan tema tersebut dengan menggunakan kosakata, tarkib, dan kemampuan berbahasa yang telah dipelajari, apabila mereka memiliki kesulitan dalam membuat karangan siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya. Selain itu, siswa diminta untuk menuliskan kosakata-kosakata baru di bawah karangan tersebut, sehingga siswa dapat mempelajari, menambah kosakata, dan meningkatkan daya ingat siswa.
Copyrights © 2021