Journal of Nonformal Education
Vol 2, No 1 (2016)

DESAIN PROGRAM PENGUATAN DESA LABSITE PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL MELALUI KEGIATAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN

Zulkarnain, Zulkarnain (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah dihasilkannya desain program penguatan desa labsite Pendidikan Luar Sekolah (PLS) berbasis keunggulan lokal dalam bidang pemberdayaan masyarakat, dan desain model  pembelajaran Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa  Prodi  PLS S2 yang terintegrasi pada penguatan labsite PLS dalam bidang pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif  dengan rancangan  penelitian pengembangan. Model tahapan yang digunakan meliputi planning, acting, observing and reflecting atas pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian berupa desain desa Labsite berbasis keunggulan lokal yang dijadikan sasaran Program Pengalaman Lapangan mahasiswa Pascasarjana Prodi PLS, dan desain implementasi pembelajaran mahasiswa melalui kegiatan PPL yang didasarkan hasil identifikasi mahasiswa, dalam hal ini kegiatan PPL pemberdayaan masyarakat. Dari kegiatan ini, mahasiswa memproleh kompetensi sebagai agen perubahan. Kompetensi itu meliputi kompetensi pemahaman sasaran, kompetensi menumbuhkan kesadaran masyarakat, kompetensi komunikasi, kompetensi pengelolaan pembaharuan, kompetensi pengelolaan pembelajaran, kompetensi membangun jaringan, kompetensi pendampingan, kompetensi sebagai fasilitator, dan kompetensi lain.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jne

Publisher

Subject

Education

Description

This Journal collaborates with Ikatan Akademisi Pendidikan Nonformal & Informal and Himpunan Akademisi dan Program Studi Penmas Indonesia containing research articles in the field of Nonformal ...