tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana fenomena perilaku bullying pada siswa di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini terdiri dari sumber primer 20 artikel yang tertuang dalam hasil penelitian. Pencarian literature review sesuai dengan protocol PRISMA ditemukan 12.200 artikel. Tahap kedua artikel yang sudah di screening di temukan 9760 artikel dengan tahun publikasi 2015-2020. Kemudian di tahap terakhir dilakukan studi kelayakan untuk mengeiminasi duplikasi artikel sebanyak 648 dan artikel sehingga di dapatkan sebanyak 20 artikel. Berdasarkan hasil screening ditemukan 20 artikel sesuai dengan protocol PRISMA. Dalam literature review diperoleh bahwa self-efficacy merupakan tingkat kepercayaan seseorang pada kemampuan sendiri untuk menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan, telah dibuktikan sebagai faktor pencegahan yang efektif untuk kasus bullying di sekolah. Sebagai keprihatinan global, self-eficacy pada korban bullying dapat memberikan keyakinan bahwa dirinya mampu mengatasi berbagai permasalahan psikologi.
Copyrights © 2021