Edulib
Vol 10, No 2 (2020)

ANALISIS TREN KEILMUAN BIDANG KEARSIPAN BERDASARKAN SUBJEK DAN MINAT PENELITIAN PENULIS DI DATABASE SINTA DAN GOOGLE SCHOLAR

Wahid Nashihuddin (Unknown)
Latifa Etikanadya (Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2021

Abstract

Kearsipan adalah ilmu yang mempelajari tentang arsip berdasarkan sistem yang berlaku. Ilmu kearsipan perlu dikembangkan sesuai zamannya dan perlu dikaji lebih lanjut untuk mengetahui tren keilmuannya. Salah satu cara untuk mengetahui tren keilmuan adalah menelusuri subjek keilmuan/kepakaran dan minat penelitian penulis bidang kearsipan yang terindeks di database SINTA dan Google Scholar. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) profil penulis bidang kearsipan berdasarkan publikasi penulis, h-index, profesi, dan instansi; (2) tren keilmuan penulis bidang kearsipan berdasarkan subjek keilmuan dan minat penelitian di database SINTA dan Google Scholar. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Data penelitian bersumber dari penelusuran informasi dengan kata kunci “arsip”, “archive”, “record” di database SINTA. Penyajian data kualitatif dalam bentuk, tabel, grafik/gambar, peta co-word, dan pernyataan peneliti. Hasil kajian menunjukkan bahwa: (1) terdapat 91 penulis bidang kearsipan, sebagian besar berasal dari  perguruan tinggi dan berprofesi sebagai dosen; (2) tren keilmuan bidang kearsipan di Indonesia sudah berkembang, sudah mengarah pada pengelolaan arsip digital. Para penulis menyebut arsip digital sebagai rekord (record), dan pembahasannya sudah spesifik ke arah manajemen rekord bidang kedokteran dan kesahatan, arsip elektronik, manajemen informasi dan perpustakaan, dsb.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edulib

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Edulib, practitioners in the field of LIS focuses on the main problems in the development of the information science, documentation science, library science, archieve, librarianship, and ICT in Library. It covers the theoretical and general aspects of Institutional management of information, ...