Problem Based Learning atau PBL merupakan metode pembelajaran inovatif dalam kurikulum pendidikan dokter yang dinilai sesuai dengan tuntunan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang kedokteran. Berbeda dengan metode pembelajaran konvensional yang teacher centered dan menempatkan mahasiswa pada posisi pasif, maka metode PBL ini dengan strategi pendekatan SPICES (student centered, problem based, integrated teaching, community oriÂented, early clinical exposures dan self directed learning) menuntut keaktifan dari mahasiswa untuk belajar mandiri berdasarkan masalah secara terintegrasi dan berorientasi pada kebutuhan komunitas, serta sedini mungkin terpapar dengan kasus- kasus klinis. PBL dilaksanakan dalam bentuk diskusi kelompok atau small group discussion sekitar 10 mahasiswa tiap kelompok yang akan dibimbing oleh satu orang tutor. Dosen atau tutor dalam sistem PBL ini akan berfungsi sebagai fasilitator. Untuk membantu memecahkan massalah dalam diskusi kelompok dikenal istilah seven jump atau 7 langkah yang harus ditempuh meliputi: clarify term and conÂcept, define the problem, analyze the problem, makae a systematic inventory, formula learning objectives, collect additional information, synthesize and check.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2002