WARTA
WARTA LPM, Vol. 24, No. 1, Januari 2021

Memahami Konsep Ilmiah Strategi Belajar Bahasa Ke-dua Sebagai Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru

Endang Fauziati ((SINTA ID: 259029) (SCOPUS ID: 57188558465) Department of English Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Karmila Karmila (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Shakesha Febrisha Shektas (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

Guru sebagai tokoh utama dalam proses pendidikan dituntut untuk memiliki beberapa kompetensi termasuk kompetensi pedagogis. Salah satu kompetensi pedagogis adalah memahami peserta didik yang dapat dijadikan pertimbangan dalam penyusunan program dan proses belajar mengajar. Salah satu hal terkait dengan peserta didik adalah strategi pembelajaran bahasa ke-dua, yang merupakan fokus pengabdian masyarakat ini. Dari studi awal diperoleh gambaran bahwa rata-rata guru belum menguasai konsep ilmiah tentang strategi belajar bahasa ke-dua secara memadai. Umumnya jawaban para guru masih bersifat volk knowledge. Untuk itu, pengabdian masyarakat ini dilaksanakan. Dengan pemahaman konseptual ilmiah ini para guru diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran maupun penelitian. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan model workshop melalui aplikasi Zoom dan Schoology. Secara keseluruhan loka karya berjalan lancar. Peserta terlibat secara aktif dalam setiap sesi yang telah direncanakan. Salah satu indikator keberhasilannya adalah peserta mampu menjelaskan strategi belajar bahasa ke-dua (language learning strategy) secara konseptual berdasarakan teori yang relevan. Peserta juga mampu membuat topic penelitian yang relevan. Dari hasil kegiatan ini, disarankan agar program ini dapat dilanjutkan di masa mendatang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

warta

Publisher

Subject

Education

Description

Warta LPM merupakan media komunikasi dan informasi ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat yang meliputi bidang ilmu-ilmu sosial, sains dan ...