Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 9, No 2 (2021)

Penggunaan Google Sites Dalam Membangun Kolaborasi Pada Materi Korosi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa

Agustian Kahar Hidayat (Universitas Lampung)
Dwi Yulianti (Universitas Lampung)
Herpratiwi Herpratiwi (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2021

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan kolaborasi setelah diterapkan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan google sites ditinjau dari kemandirian belajar siswa (tinggi, sedang dan rendah) pada materi korosi. Jenis penelitia yang dilkukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain ekperimen yang digunakan adalah The One-Shot Case Study. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kemampuan kolaborasi siswa berdasarkan tingkat kemandirian belajar siswa disimpulkan bahwa (1) kemampuan kolaboratif siswa ditinjau dari tingkat kemandirian belajar tinggi dikategorikan sangat tinggi atau tinggi, (2)  kemampuan kolaboratif siswa ditinjau dari tingkat kemandirian belajar sedang dikategorikan cukup; dan (3) kemampuan kolaboratif siswa ditinjau dari tingkat kemandirian belajar rendah dikategorikan rndah. Selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi pengembangan pembelajaran dalam penggunaan googe sites dengan menerapkan pembelajaran yang lebih optimal. 

Copyrights © 2021