Lentera Pustaka
Vol 7, No 2 (2021): December

Praktik Transfer Pengetahuan Tacit dalam Pembelajaran E-Learning Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia

Rahmi, Mutia (Unknown)
Laksmi, Laksmi (Unknown)
Gani, Fuad (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi praktik transfer pengetahuan tacit dalam pembelajaran di perguruan tinggi Stimlog Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara semi terstruktur menggunakan focus grup discussion, dan analisis dokumen. Penelitian dilakukan selama empat bulan. Pemilihan informan dengan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan pengelompokan data, analisis, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik transfer pengetahuan tacit yang didasarkan pada metode SECI yang meliputi sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi, internalisasi, menunjukkan bahwa tahap sosialisasi dan tahap internalisasi merupakan tahap yang utama. Kedua tahap memberi pemahaman yang baik pada staff STIMLOG sehingga mereka mampu menjalankan tugasnya dalam mengawasi online menggunakan e-learning dengan lebih baik. Praktik transfer pengetahuan tacit dalam kedua tahap tersebut dilakukan berdasarkan pengalaman psikomotorik. Transfer pengetahuan tacit menggunaan zoom dan wa group dengan memberikan tutorial dan pelatihan dalam menggunakan e-learning untuk mengawas ujian daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lpustaka

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is the official scholarly research journal of the Library Science Study Program of Diponegoro University which focused on Library and Information Science. Lentera Pustaka is published online twice a year (semi annual) in the ...