Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol 6, No 4 (2021): Edisi Oktober

REPRESENTASI GENDER BENDING DALAM MUSIK POPULER (ANALISIS SEMIOTIKA PADA MUSIK VIDEO TAYLOR SWIFT – YOU NEED TO CALM DOWN)

Maulia, Restu (Unknown)
Fauziah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Musik video sebagai produk budaya popular mampu membangun intepretasi penonton terhadap objek yang dilihatnya. Seperti pada musik video  Taylor Swift berjudul “You need to calm down”, yang dominan menggunakan simbol dari pengabaian identitas gender yang penulis sebut dengan gender bending. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa representasi Gender Bending pada musik  populer dalam musik video Taylor Swift You Need to Calm Down. Menggunakan analisis semiotika lima kode Roland Barthes, penelitian ini berupaya untuk mengungkap dan menganalisa representasi dari gender bending yang ditampilkan dalam musik video. Hasil analisa semiologi kode Roland Barthes, penelitian ini menemukan adanya representasi gender bending sebagai sebuah simbol budaya popular yang digambarkan melalui fashion, ide, sikap, bahasa dan perilaku dalam adegan-adegan video. Gender bending juga direpresentasikan sebagai sebuah perjuangan kesetaraan hak untuk dapat diterima dan diakui keberadaannya sebagai bagian dari perkembangan sistem sosial dari masyarakat barat saat ini.Kata-kata Kunci: Budaya Populer; Gender Bending; Representasi; Semiotika

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KOMUNIKASI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Is a journal of scientific in the form of research results in communication and information science. This journal is published 4 times a year (January, April, July and October) published by the Laboratorium Ilmu ...