Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika
Vol 6, No 2 (2021)

Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar, Gaya Belajar dan Perbedaan Jenis Kelamin Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Poleang Barat

Novayanti, Novayanti (Unknown)
Sani, Asrul (Unknown)
Anggo, Mustamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada: (1) Perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Poleang Barat ditinjau dari motivasi belajar, gaya belajar dan jenis kelamin (2) Interaksi antara motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Poleang Barat. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi penelitian ini berjumlah 101 siswa laki-laki dan 105 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel dengan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalan dengan sel yang tak sama. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan: (1) Ada Perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Poleang Barat ditinjau dari motivasi belajar, gaya belajar dan jenis kelamin (2) Tidak da Perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Poleang Barat ditinjau dari gaya belajar dan jenis kelamin(3) tidak ada interaksi antara motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Poleang Barat

Copyrights © 2021