Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019

ANALISA PENGARUH DAYA TARIK PROMOSI, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-WALLET

Sari, Mia Andika (Unknown)
Listiawati, Rodiana (Unknown)
Novitasari, Novitasari (Unknown)
Vidyasari, Rahmanita (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2020

Abstract

Bank Indonesia mencanangkan program bernama Gerakan Nasional Nontunai (GNNT) agar masyarakat Indonesia menjadi Less Cash Society (LCS). Tercatat pada Bank Indonesia per 4 maret 2019 terdapat 37 lembaga penerbit e-money diantaranya 11 lembaga perbankan dan 26 lembaga financial technology (fintech). Produk e-money sendiri terbagi menjadi dua yaitu kartu prabayar (pre-paid-card) yang berbasis chip berbentuk kartu dan e-wallet yang berbasis server berbentuk aplikasi.Bank mandiri sebagai bank pemerintah memiliki produk e-money  yaitu LinkAja yang dulunya bernama E-cash sebagai e-wallet. Di lain pihak perusahaan fintech juga memiliki peningkatan yang pesat dengan produk e-wallet, salah satunya yaitu Gopay. Hal ini memaksa sektor bisnis perbankan untuk mempunyai solusi agar lebih berinovasi jika ingin bersaing dengan baik terhadap produk yang dikeluarkan oleh fintech.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik promosi, persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi keamanan terhadap minat penggunaan e-wallet yaitu Gopay dan LinkAja. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang di kuantitatifkan menggunakan skala Likert. Kriteria sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pengguna aplikasi Gopay atau LinkAja, berdomisili  di Jabodetabek, responden menggunakan aplikasi tersebut lebih dari tiga bulan dan berusia diatas 15 tahun.Diharapkan hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi bagi penggiat usaha ekonomi digital dan mampu memberikan  saran perbaikan untuk para pembuat kebijakan terkait aturan main dalam bisnis e-wallet di masa yang akan datang

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ekbis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ...