Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020

PENGARUH SOCIAL INFLUENCE, FINTECH KNOWLEDGE, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEAMANAN, DAN BRAND IMAGE PERUSAHAAN TERHADAP PENGGUNAAN MARKETPLACE OLEH UMKM DI JABODETABEK

Novitasari, Novitasari (Unknown)
Sari, Mia Andika (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2021

Abstract

Pada revolusi digital saat ini menyebabkan terjadinya pergeseran dari model kegiatan konvensional menjadi model kegiatan online. Hal ini melahirkan bisnis marketplace sebagai bentuk pasar digital. Perkembangan ini ditandai dengan jumlah transaksi di marketplace di Indonesia menunjukan data yang terus meningkat. Pertumbuhan perusahaan-perusahaan startup di bidang bisnis di Indonesia dan didukung kecanggihan dunia telekomunikasi internet, membuat platform e-commerce yang berkonsep marketplace semakin berkembang. Hal ini mengakibatkan perluasan lahan bisnis baru dengan konsep lebih modern bagi UMKM untuk menjalankan usahanya. Melihat fenomena ini, penulis akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi UMKM dalam memilih penggunaan marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yaitu Social influence, Fintech Knowledge, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, dan Brand Image Perusahaan Terhadap Penggunaan Marketplace oleh UMKM di Jabodetabek.. Diharapkan hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi bagi penggiat usaha ekonomi digital maupun pengguna langsung pada khususnya. Secara umum pula mampu memberikan saran perbaikan untuk para pembuat kebijakan. Teknik analisis yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis regresi multiplier (berganda). Hasilnya adalah hanya faktor kemudahan transaksi yang berpengaruh secara parsial terhadap minat penggunaan marketplace oleh UMKM di Jabodetabek. Sementara faktor lainnya tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat marketplace oleh UMKM di Jabodetabek. Tetapi faktor social influence, fintech knowledge, kemudahan, keamanan, dan brand image perusahaan berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap minat penggunaan marketplace oleh UMKM sebesar 35,2%, sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ekbis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ...