Jurnal Neo Societal
Vol 6, No 4 (2021): Edisi Oktober

EKSISTENSI USAHA MIKRO, KECIL & MENENGAH (UMKM) SELAMA MASA PANDEMIC COVID-19 DAN PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM)

Syaifudin Suhri Kasim (Program Studi Sosiologi, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia.)
Damsid Damsid (Program Studi Sosiologi, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia.)
Juhaepa Juhaepa (Program Studi Sosiologi, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia.)
Ratna Supiyah (Program Studi Sosiologi, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia.)
Bakri Yusuf (Program Studi Sosiologi, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia.)
Sarmadan Sarmadan (Program Studi Sosiologi, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2021

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan dan menganalisis eksistensi pelaku UMKM di Kabupaten Konawe Kepulauan selama masa pandemic covid 19 dan pemberlakukan  PPKM. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh  melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap informan . Jenis data  sekunder dan  data primer.  Data disajikan dalam bentuk deskripsi dan   analisis. Hasil Penelitian menunjukan bahwa beberapa jenis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sejak virus covid 19  telah mengalami  penurunan pendapatan dan  melakukan alih usaha, disebabkan menurunnya daya beli masyarakat terhadap hasil produk, dan  muncul keresahan sosial dikalangan pelaku UMKM karena  pemerintah telah mengeluarkan lagi kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)  yang  berdampak pula pada pembatasan aktivitas UMKM  sehingga eksistensinya terancam keberlanjutannya, seperti usaha Rumah Makan, perdagangan (pedagang komuters, pedagang sembako dll), kerajinan, konveksi dan jasa. Ada  juga  jenis usaha yang justru masih  bisa eksis, seperti usaha agribisnis dan kios pulsa, karena pelaku usaha ini  bisa beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi  yaitu melalui inovasi produk, peningkatan pelayanan kepada konsumen  dan pemasaran secara digital (digital marketing).      Kata Kunci:  Eksistensi, UMKM, Covid 19, Keresahan Sosial, PPKM. 

Copyrights © 2021