Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 2, No 1 Apr (2021)

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik

Rini Fadillah (SMPN 7 Sungai Raya)
Herman Herman (Universitas Negeri Makassar)
Rahmia Rahmia (UPT SPF SMPN 6 Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Sungai Raya. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Google Meet. Prosedur pelaksanaan penelitian ini meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi dalam setiap siklus. Persentase ketuntasan belajar pada Siklus I adalah 60,00%, Siklus II menjadi 75% dan siklus III menjadi 85%. Hasil penelitian di atas membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning secara daring dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 7 Sungai Raya.Kata Kunci : Hasil belajar, Problem Based Learning

Copyrights © 2021