Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 2, No 1 Apr (2021)

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Pendekatan Saintifik Pada Kelompok B TK Runiah School Makassar

Heriana Heriana (TK Runiah School Makassar)
Herman Herman (Universitas Negeri Makassar)
Isnawati Zainuddin (TK Aisyiyah Bustanul Atfal VI Manggala)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok B TK Runiah School dengan metode pendekatan saintifik. subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK Runiah School pada semester I 2021/2022 yang berjumlah 8 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi. hasil observasi menunjukkan kemampuan berbahasa anak di TK Runiah School rendah, Penelitian ini dilaksanakan dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Analisis data menunjukkan kemampuan bahasa ekspresif anak sebesar 62 % pada siklus I dan 85 % pada siklus II. Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, kemampuan bahasa ekspresif

Copyrights © 2021