AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2: Juni 2020

HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR, KEAKTIFAN DALAM KEGIATAN KESISWAAN DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Rafiq Mubarak (Universitas Ahmad Dahlan)
Nur Arina Hidayati (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Hasil belajar matematika siswa yang rendah berhubungan dengan beberapa faktor. Minat belajar matematika, keaktifan siswa dalam kegiatan kesiswaan dan perhatian orang tua merupakan beberapa faktor yang dimungkinkan berhubungan dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar matematika, keaktifan siswa dalam kegiatan kesiswaan dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas X IPS di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018 . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018, berjumlah 69 siswa. Diperoleh kelas X IPS 3 sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data minat belajar matematika, keaktifan siswa dalam kegiatan kesiswaan, perhatian orang tua dan hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian yang dilakukan yaitu uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar matematika, keaktifan siswa dalam kegiatan kesiswaan dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas X IPS Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung Ftabel yaitu > 3,100 dengan R = 0,755 dan R2 = 0,571.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The aim of the Ahmad Dahlan Mathematics Education Students (AdmathEduSt), p-ISSN 2355-8199, e-ISSN 2775-5746, is to provide an academics forum for the sharing, dissemination, and discussion of result research, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, applied ...