AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2: Juni 2020

HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA

Datri Larasati (Universitas Ahmad Dahlan)
Uswatun Khasanah (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini didasari pada kurangnya aktivitas belajar dan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa kelas X MIPA di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas MIPA1, MIPA2, MIPA3, MIPA4, dan MIPA5 yang keseluruhan berjumlah 161 siswa. Diperoleh kelas MIPA 3 sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk memperoleh data aktivitas belajar, serta metode tes untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian yang dilakukan yaitu uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa kelas X MIPA Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The aim of the Ahmad Dahlan Mathematics Education Students (AdmathEduSt), p-ISSN 2355-8199, e-ISSN 2775-5746, is to provide an academics forum for the sharing, dissemination, and discussion of result research, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, applied ...