AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2: Juni 2020

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN NUMERIK, MINAT BELAJAR DAN TEMAN SEBAYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA

Septia Nur Azizah (Universitas Ahmad Dahlan)
Nur Arina Hidayati (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Hasil belajar matematika siswa yang rendah berhubungan dengan beberapa faktor. Kemampuan Numerik, Minat Belajar dan Teman Sebaya merupakan beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara Kemampuan Numerik, Minat Belajar dan Teman Sebaya dengan hasil belajar matematika siswa kelas X semester genap Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester genap Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 yang keseluruhan berjumlah 52 siswa. Kelas X MIPA 2 sebagai kelas sampel penelitian dengan menggunakan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode angket. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas, uji daya pembeda dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji independen dan uji linearitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara Kemampuan Numerik, Minat Belajar dan Teman Sebaya dengan hasil belajar matematika siswa kelas X Semester Genap Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh yaitu 5,243 dan 3,05 dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,646 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,417 dengan persamaan regresi linear = - 36,932 + 0,333X₁ + 0,516 X₂ + 0,348 X₃.  45,836%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The aim of the Ahmad Dahlan Mathematics Education Students (AdmathEduSt), p-ISSN 2355-8199, e-ISSN 2775-5746, is to provide an academics forum for the sharing, dissemination, and discussion of result research, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, applied ...