Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA)
Vol. 6 No. 2 (2016)

IDENTIFIKASI HASIL ANALISIS MISKONSEPSI GERAK MENGGUNAKAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK THREE TIER PADA SISWA SMP

Fia Maulida Wiyono (Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Malang)
S Sugiyanto (Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Malang)
Erni Yulianti (Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2016

Abstract

Miskonsepsi adalah konsepsi siswa yang tidak sesuai dengan konsepsi para ilmuwan. Miskonsepsi terjadi secara konsisten di dalam pikiran siswa dalam menafsirkan konsep menjadi konsepsi dan atau dalam penerapannya menjadi fakta. Mata pelajaran IPA sering menimbulkan kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep yang abstrak. Hasil analisis miskonsepsi menggunakan instrumen diagnostik three tier, selanjutnya dapat dilakukan identifikasi miskonsepsi untuk mengetahui jenis miskonsepsi yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif untuk mengidentifikasi miskonsepsi gerak pada siswa SMP.  Miskonsepsi materi gerak yang ditemukan pada siswa berada pada konsep kecepatan, kelajuan, gaya aksi-reaksi, inersia, dan gerak.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPFA

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) is available for free (open access) to all readers. The articles in JPFA include developments and researches in Physics Education, Classical Physics, and Modern Physics (theoretical studies, experiments, and its applications), including: Physics ...