Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan model pembelajaran Konstektual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Sistem Gerak pada Manusia di SMP Negeri 1 Dewantara.Sampel dari penelitian ini terdiri dari siswa kelas kontrol (VIII/1) sebanyak 24 siswa dan siswa kelas eksperimen (VIII/2) yang terdiri dari 24 siswa. Siswa kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sedangkan siswa kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Konstektual. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data normalitas di kelas eksperimen Lhitung 0.291 dan Ltabel 0.173. Sedangkan di kelas kontrol Lhitung 0.331 dan Ltabel 0.173.Sehingga data siswa dari kelas eksperimen dan kelas konvensional kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Uji kesamaan dua varian Fhitung =2.62 dan Ftabel =2.00, maka diperoleh Fhitung > Ftabel hal ini menunjukkan antara kelas eksperimen dan konvensional mempunyai varian yang tidak homogen. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan uji t diperoleh thitung> ttabel (2.79 > 2.021) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Konstektual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Sistem Gerak pada Manusia di SMP Negeri 1 Dewantara. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Siswa, Sistem Gerak Manusia
Copyrights © 2018