Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think-pair-share (TPS) dipadu media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi jaringan hewan di SMA Negeri 1 Nisam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nisam yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA2. Analisis data menggunakan uji-t, hasil yang diperoleh thitung  = 19,9 dan ttabel  = 1,68 pada taraf signifikan α = 0,05 dan db = 47. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung >ttabel, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Pair-Sharedipadu media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi jaringan hewan di SMA Negeri 1 Nisam. Kata kunci ; model pembelajaran Think-Pair-Share, media gambar, hasil belajar.
Copyrights © 2019