Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi

STUDI EVALUASI PERKULIAHAN MICROTEACHING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Ratna Unaida (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Malikussaleh)
Fakhrah Fakhrah (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perkuliahan microteaching yang dilaksanakan oleh mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Malikussaleh. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi, proses evaluasi ini meliputi (1) mengevaluasi perencanaan perkuliahan yang disusun dosen, (2) mengevaluasi proses pelaksanaan perkuliahan secara langsung. Subjek penelitian ini adalah 42 orang mahasiswa semester VI dan 4 orang dosen pengampu matakuliah microteaching. Objek penelitian ini adalah mata kuliah microteaching itu sendiri. Data penelitian diperoleh melalui angket dan wawancara yang dilakukan kepada dosen dan mahasiswa, observasi dan dokumentasi saat perkuliahan berlangsung. Keabsahan data diketahui dengan menggunakan teknik triangulasi. Data yang terkumpul melalui angket, dokumentasi dan observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif, sedangkan data yang terkumpul melalui wawancara, dan catatan observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Secara keseluruhan hasil dari observasi selama pelaksanaan pembelajaran microteaching sudah memenuhi indikator pelaksanaan pembelajaran microteaching yaitu membuat dan mengkonsultasikan RPP kepada dosen pengampu, serta mempraktekkan keterampilan dasar mengajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jesbio

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

JESBIO memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) kritis dan komperhensif dalam bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi ...