Penelitian ini mengkaji masalah kurangnya tanggung jawab peserta didik dalam menyelesaikan tugas belajar, kurangnya pemahaman materi belajar, dan kurangnya inisiatif dan kreatifitas akibat rendahnya keterampilan kewarganegaraan siswa. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kewarganegaraan siswa. Studi eksperimen kuasi ini memilih Kelas X SMK Teknologi Industri Pembangunan Cimahi. Populasi dan sampel adalah Kelas X TEI B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif galeri belajar dan Kelas X TEI C sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe peta konsep. Berdasarkan hasil perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test, diperoleh nilai Z sebesar -4.091 dengan p value (Asymp. Sig. 2 tailed) sebesar 0.000 dimana kurang dari batas kritis penelitian 0.05 sehingga keputusannya hipotesis diterima atau berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan model pembelajaran kooperatif galeri belajar memiliki efektifitas meningkatkan keterampilan kewarganegaraan siswa dapat diterima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020