Pembelajaran keterampilan menyajikan teks persuasi secara tulis bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, perubahan sikap sosial, dan peningkatan keterampilan menyajikan teks persuasi secara tulis melalui model scaffolding dengan media kartalita pada peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 34 Semarang. Desain penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian keterampilan menyajikan teks persuasi secara tertulis melalui model scaffolding dengan media kartalita telah mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini terlihat dari hasil tes prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus nilai rata – rata peserta didik sebesar 47,81 dan meningkat sebesar 20,7 % dengan nilai rata – rata pada siklus I sebesar 68,54. Sedangkan dari siklus I mengalami peningkatan sebesar 13,55% dengan nilai rata – rata siklus II sebesar 82,09. Simpulan penelitian ini ialah bahwa perubahan perilaku peserta didik dari siklus I ke siklus II berubah menjadi perilaku positif. Demikian pula dengan hasil peningkatan keterampilan menyajikan teks persuasi meningkat dan mencapai KKM.Learning skills to present the persuasion text are intended to describe the learning process, a change of social attitude, and an improved ability to present the persuasion-based text through scaffolding models with kartalita media to the fourth-grade eighth class of the 4th semarang junior high. The design of the study used is the study of class action (PTK) done in two cycles. Research skills provided the persuasiatic text in writing through scaffolding models with kartalita media have experienced significant improvements. This is shown by the results of testing, cycles I and cycle II. At the equal-value equalizer stage - a flat learner of 47, 81 and a rise of 20.7 % with a level - average value on the I cycle of 68.54. Whereas from cycle I experienced a 13.55% increase with the average value of the second 82.09 cycle. The conclusion of the study was that the behavior changes learned from cycle I to cycle II turned into positive behavior. Similarly, the results of increased skill presenting text of persuasion are increasing and reaching KKM.
Copyrights © 2019