Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL ) pada pembelajaran materi Gaya. Penerapan model CTL diharapkan berdampak positif pada konstruksi pengetahuan siswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gaya. 2) Meningkatkan aktivitas siswa. 3) Mengoptimalkan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus.Masing-masing siklus terdiri dari tahapan planning (perencanaan), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi).Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 9 Tanjung yang berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian berupa : 1) Lembar observasi kegiatan belajar mengajar yang terdiri dari lember observasi untuk guru dan lembar observasi untuk aktivitas siswa. 2) Tes formatif berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Penerapan pendekatan kontekstual learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ketuntasan siswa meningkat dari 43,5% menjadi 85%. 2) Aktivitas siswa meningkat dari 59,4 % menjadi 81,7%. 3) Aktivitas guru meningkat dari kualitas sedang menjadi baik. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, gaya, hasil belajar
Copyrights © 2012