Siswa SMP Negeri 24 Banjarmasin bermasalah pada proses pembelajaran yang tidak dapat mengaplikasikan konsep ekosistem pada kehidupan nyata dan masalah kehidupan sehari-hari. Selain itu nilai siswa pada materi ini belum maksimal karena lebih banyak hanya menghafal. Dari permasalahan tersebut perlu penelitian tindakan kelas yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep ekosistem pada kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar siswa; aktifitas siswa; aktifitas guru; dan respon siswa dalam pembelajaran konsep ekosistem menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pendekatan lingkungan pada siswa SMP Negeri 24 Banjarmasin. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bersiklus. Adapun penelitian menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pendekatan lingkungan. Hasil penelitian dengan tindakan kelas terlaksana secara 3 siklus di mana, tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan tindakan; pelaksanaan tindakan; observasi dan analisis; serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan klasikal 72,22% menjadi 91,67%.. Aktivitas siswa menunjukkan perkembangan yang baik berupa terjadi peningkatan aktivitas yang positif dan penurunan aktivitas yang tidak begitu menunjang pembelajaran sedangkan aktivitas guru menunjukan peningkatan dari aktivitas cukup baik menjadi baik.
Copyrights © 2020