QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 11, No 1 (2020): April 2020

MENINGKATKAN HASIL DAN PROSES PEMBELAJARAN KONSEP EKOSISTEM MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN LINGKUNGAN

Rosmilawati Rosmilawati (SMP Negeri 24 Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Siswa SMP Negeri 24 Banjarmasin bermasalah pada proses pembelajaran yang tidak dapat mengaplikasikan konsep ekosistem pada kehidupan nyata dan masalah kehidupan sehari-hari. Selain itu nilai siswa pada materi ini belum maksimal karena lebih banyak hanya menghafal. Dari permasalahan tersebut perlu penelitian tindakan kelas yang dapat  meningkatkan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep ekosistem pada kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar siswa; aktifitas siswa;  aktifitas guru; dan respon siswa dalam pembelajaran konsep ekosistem menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pendekatan lingkungan pada siswa SMP Negeri 24 Banjarmasin. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bersiklus. Adapun penelitian menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pendekatan lingkungan. Hasil penelitian dengan tindakan kelas terlaksana secara 3 siklus di mana, tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan tindakan; pelaksanaan tindakan; observasi dan analisis; serta refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan klasikal 72,22% menjadi 91,67%.. Aktivitas siswa menunjukkan perkembangan yang baik berupa terjadi peningkatan aktivitas yang positif dan penurunan aktivitas yang tidak begitu menunjang pembelajaran sedangkan aktivitas guru menunjukan peningkatan dari aktivitas cukup baik menjadi baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...