Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SISWA TERHADAP LINGKUNGAN SEBAGAI WUJUD CINTA TANAH AIR

Rabiatul Adawiah (Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Lambung Mangkurat)
Dian Agus Ruchliyadi (Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Lambung Mangkurat)
Susilowati Susilowati (Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  menyusun dan mengembangkan instrumen penilaian  sikap sosial siswa yang praktis, valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan  metode penelitian dan pengembangan (R&D), yang terdiri atas sembilan langkah, yaitu: 1) Potensi masalah, (2) Pengumpulan informasi dan studi literatur, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba terbatas, (7) Revisi produk, (8) Uji coba lapangan), (9) Revisi produk akhir, Penelitian dilakukan di SMPN 1 Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik kuesioner. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 25. Setelah dilakukan uji validitas pada skala besar dengan sampel 200 orang siswa, validitas 24 butir  instrumen penilaian sikap siswa terhadap lingkungan memiliki tingkat kevalidan instrumen yang sangat baik dengan nilai di atas 0,138. Di samping valid, instrumen penilaian sikap siswa terhadap lingkungan juga memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi, dengan  nilai 0,876. Berdasarkan hal tersebut, 24 butir instrument tersebut dapat dinyatakan layak untuk menilai sikap siswa terhadap lingkungan.

Copyrights © 2021