Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

EFEKTIVITAS METODE DEBAT DALAM PEMBELAJARAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI

Ferry Doringin (Akademi Refraksi Optisi dan Optometri Gapopin, Optometry, Tangerang, Banten.)
Theodorus Pangalila (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi mahasiswa terhadap upaya untuk membangun karakter lewat Pendidikan Kewarganegaraan, khususnya ketika menggunakan metode debat. Persepsi ini sangat penting karena sejumlah literatur mempertanyakan apakah nilai penting dari mata kuliah ini sudah diangkap dengan baik oleh mahasiswa. Juga, seberapa tinggi metode, terutama metode debat menunjang pencapaian tujuan pembelajaran. Menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, peneliti mengukur persepsi mahasiswa terhadap urgensi mata kuliah, penggunaan metode, dan efektivitas metode debat. Kemudian, mahasiswa diminta menjelaskan alasan dari pilihan jawaban itu. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa mayoritas mahasiswa memberi nilai penting terhadap mata kuliah kewarganegaraan karena membentuk  nasionalisme dan identitas keindonesiaan, menilai tinggi metode interaktif yang mendorong sikap menggali dan menganalisis, khususnya metode debat dianggap mendorong mahasiswa beropini dengan argumnen yang kuat dan mendalam, dan dilatih untuk mempertahankan argumen tersebut.

Copyrights © 2021