Penelitian ini berjudul “Pengembangan Instrumen Penilaian Performansi pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia”. Adapun tujuan dari penelitian ini dibagi menjadi dua aspek, (1) mendeskripsikan proses pengembangan instrumen penilaian performansi mahasiswa pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, (2) mendeskripsikan validitas, efektivitas, dan praktikalitas instrumen penilaian performansi mahasiswa pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk penilaian, validasi oleh validator, dan revisi desain instrumen penilaian, uji coba produk, evaluasi produk. Teknik pengumpulan data melalui teknik kepustakaan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Bentuk instrumen penilaian performansi pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang dihasilkan terdiri tiga jenis instrumen penilaian performansi. Ketiga bentuk instrumen tersebut sesuai dengan tiga performansi yang dituntut dalam pemebelajaran yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Ketiga bentuk instrumen penilaian performansi tersebut diberi nama (1)instrumen penilaian performansi proses analisis butir soal, (2) instrumen penilaian performansi laporan hasil analisis butir soal, dan (3) instrumen penilaian performansi presentasi analisis butir soal. Kata kunci: Instrumen, Penilaian Kinerja, KKNI
Copyrights © 2020