Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2020): Mei 2020

Kualitas Tes Ujian Semester Genap Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh Tahun Ajaran 2018/2019

Ahmad Makhraji (Universitas Syiah Kuala)
R Salasi (Universitas Syiah Kuala)
Mukhlis Hidayat (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Tes ialah suatu prosedur untuk menilai kemampuan tertentu. Tes haruslah mempunyai kualitas yang baik sehingga dapat mengukur kemampuan tertentu yang hendak dicapai. Setiap soal tes hendaknya harus dianalisis terlebih dahulu, agar terwujud suatu alat tes yang berkualitas baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tes ujian semester genap mata pelajaran matematika di kelas VII SMPN Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa yang berasal dari dua kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan pengolahan data dengan cara menganalisis hasil jawaban siswa untuk menentukan kualitas tes yang meliputi analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan fungsi pengecoh. Data diambil dari lembar naskah soal dan distribusi jawaban siswa yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda yang dipakai pada ujian semester genap tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas tes belum cukup baik dalam melakukan evaluasi untuk menilai kemampuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini perlu kiranya menjadi pertimbangan bagi guru terutama bidang studi matematika dalam menyusun alat evaluasi yang berkualitas, sehingga terdapat perbaikan pada soal tes yang diberikan kedepannya dan tercipta kemajuan pada mutu pendidikan. Kata Kunci:     Matematika, Evaluasi, Analisis kualitas tes. 

Copyrights © 2020