Matematika itu penting dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari serta aplikasinya banyak digunakan dalam ilmu pengetahuan. Namun kenyataannya, sampai saat ini masih banyak siswa pada umumya memiliki persepsi negatif serta kurang tertarik terhadap matematika dan tidak sedikit pula yang mengasumsikan matematika menyeramkan, hingga sedapat mungkin untuk dihindari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana persepsi siswa MAN Aceh Barat Daya yang berlatar belakang pendidikan tahfidzul quran terhadap matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa MAN Aceh Barat Daya yang berlatar belakang pendidikan tahfidzul quran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri, sedangkan instrumen pendukung berupa pedoman wawancara semi terstruktur. Data dianalisis dengan menggunakan prosedur yang dikemukakan oleh Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa MAN Aceh Barat Daya yang berlatar belakang pendidikan tahfidzul quran umumnya masih memiliki persepsi negatif terhadap matematika.Keywords: Persepsi Siswa, Pendidikan Tahfidzul Quran, Matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021