Salah satu keterampilan dalam belajar matematika ialah siswa harus mampu menguasai kecakapan mereka dalam pemecahan masalah karena hal itu melambangkan tujuan utama pengajaran matematika. Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi persamaan garis lurus dan untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi siswa dalam memecahkan soal kemampuan pemecahan masalah di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Dalam riset ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek yang terlibat dalam riset ini ialah siswa kelas VIII-8 di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah tes dan wawancara. Tes tersebut diberikan kepada 16 siswa yaitu soal uraian sebanyak 5 butir. Wawancara dilakukan terhadap 5 orang siswa yang mewakili setiap kriteria perolehan skor. Hasil riset yang diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa termuat di semua kriteria. Kriteria sangat baik diperoleh dengan persentase siswa 12,5%, kriteria baik 6,25%, kriteria cukup 12,5%, kriteria kurang 50% dan kriteria sangat kurang 18,25%. Sehubungan dengan wawancara terhadap 5 subjek dari masing-masing kriteria yang diperoleh bahwa siswa masih banyak mengalami hambatan dalam mengerjakan penyelesaian soal pemecahan masalah. Hambatan-hambatan tersebut didiskusikan dalam teks.Keywords: Kemampuan, pemecahan masalah matematis, persamaan garis lurus.
Copyrights © 2021