Jurnal Pengajaran MIPA
Vol 4, No 2 (2003): JPMIPA: Volume 4, Issue 2, 2003

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPLIKASIKAN KONSEP FISIKA DALAM KONTEKS KEHIDUPAN NYATA

Suhandi, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2003

Abstract

Telah dilakukan penelitian eksperimen tentang ujicoba penggunaan model pembelajaran kontekstual pada pembelajaran materi Gaya dan Hukum Newton untuk menjajagi efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan mengaplikasikan konsep pada konteks kehidupan nyata. Model pembelajaran kontekstual yang digunakan memiliki lima tahapan yaitu Fase 1, Orientasi siswa pada persoalan kontekstual yang relevan; Fase 2, Demonstrasi untuk mengenalkan konsep dan besaran-besaran fisis yang terlibat dalam fenomena yang ditinjaui; Fase 3, Praktikum secara inkuiri dengan setting kooperatif menggunakan panduan LKM MPK; Fase 4, Penjelasan fenomena alam yang disajikan pada fase 1 dan perluasan pada fenomena yang lain; Fase 5, Refleksi, penguatan dan tindak lanjut kegiatan. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa-siswi kelas VIII pada salah satu SMP di kabupaten Garut dengan menggunakan desain penelitian randomized control group pretest-posttest. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA Fisika lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan mengaplikasikan konsep dibanding penggunaan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2003






Journal Info

Abbrev

JPMIPA

Publisher

Subject

Description

Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education ...