Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 1 (2021): Februari

ANALISIS PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

Safira . (Mahasiswa PG PAUD Angkatan 2016 FKIP Universitas Syiah Kuala)
Bahrun . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Siti Naila Fauzia (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2021

Abstract

Keywords: question and answer method, early childhood, language development Language development is the ability to use all language skills to express and interpret. The development of language and communication skills aims to enable children to be able to express their thoughts through simple language appropriately, be able to communicate effectively, and generate interest in language. Children's language development can be increased by the existence of learning methods carried out by the teacher, one of which is the question and answer method. This study aims to determine the application of the question and answer method in children's language development. The question and answer method is a way of presenting learning in the form of questions that must be answered, especially from the teacher to the child, but it can also be from the child to the teacher. This study uses a qualitative approach and the type of library research (library research). The type of library research is that it contains theories that are relevant to the research problems. This research is a library research method that is reviewing books, where the results of this research are obtained from two sources, namely primary and secondary sources. By reviewing nine books and two articles which discuss the question and answer method and language development. Based on the results of the study of the selected book, the main conclusion is the importance of the requirements for using the question and answer method in order to achieve the development to be achieved, namely (1) the questions given should be able to arouse interest and encourage initiative so that children can be stimulated to think, (2) questions are asked for all children in the class, (3) given the opportunity for children to ask questions, other children are given the opportunity to answer their friends' questions and, (4) questions are designed appropriately or in accordance with learning objectives.Abstrak. Perkembangan bahasa adalah kemampuan untuk menggunakan semua keterampilan berbahasa untuk berekspresi dan memaknai. Pengembangan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif, dan membangkitkan minat untuk dapat berbahasa. Pengembangan bahasa anak dapat meningkat dengan adanya metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru salah satunya yaitu metode tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tanya jawab dalam perkembangan bahasa anak. Metode tanya jawab adalah cara penyajian pembelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada anak, tetapi dapat pula dari anak kepada guru. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kepustakaan (library research). Jenis penelitian kepustakaan yaitu berisi teori-teori yang relavan dengan masalah-masalah penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian metode kepustakaan yaitu menelaah buku-buku, dimana hasil penelitian ini diperoleh dari dua sumber yaitu sumber primer dan sekunder. Dengan mengkaji sembilan buku dan dua artikel yang di dalamnya membahas metode tanya jawab dan perkembangan bahasa. Berdasarkan hasil telaah buku pilihan tersebut diperoleh kesimpulan pokok adalah pentingnya syarat-syarat penggunaan metode tanya jawab agar tercapainya perkembangan yang ingin dicapai yaitu (1) pertanyaan yang diberikan hendaknya dapat membangkitkan minat dan mendorong inisiatif hingga anak dapat terangsang untuk berpikir, (2) pertanyaan diajukan untuk seluruh anak di kelas, (3) diberikan peluang kepada anak untuk bertanya, anak lain diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan temannya dan, (4) pertanyaan dirancang dengan tepat atau sesuai dengan tujuan pembelajaran.Kata Kunci: Metode Tanya Jawab, Anak Usia Dini, Perkembangan Bahasa

Copyrights © 2021