Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah
Vol 5, No 2 (2020): Jendela PLS

PENINGKATAN MINAT MEMBACA WARGA BELAJAR MELALUI KAMPUNG LITERASI DI PKBM AL-HIDAYAH TASIKMALAYA

Wiwin Herwina (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2021

Abstract

Membaca sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun demikian, minat membaca warga belajar di Indonesia sampai dengan sekarang ini sangatlah rendah. Rendahnya minat baca di Indonesia dilihat dari beberapa bukti-bukti maupun riset yang sudah dilakukan. Hal tersebut mendorong penulis untuk mengkaji kampung literasi dalam meningkatkan minat baca warga di PKBM AL-Hidayah Tasikmalaya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai peningkatan minat membaca warga belajar melalui Taman Bacaan Masyarakat di PKBM Al-Hidayah Tasikmalaya. Kajian ini menggunakan metode penelitian dan mengembangkan teknik studi kasus,data dianalisis secara deskriptif kualitatif.starategi yang dilakukan dalam meningkatkan minat baca warga belajar melalui pembiasaan terhadap kegiatan membaca berbagai wacana dan teks buku yang disediakan serta adanya pendampingan dari pihak pengelola PKBM dalam meningkatkan minat baca memberikan informasi sebagai motivator agar tumbuhnya,kepercayaan diri dan ada kemauan untuk membaca, serta sebagai sumber hiburan masyarakat Hasil temuan menunjukan dengan adanya kampung literasi warga belajar lebih peduli dan kondusip terhadap lingkungan sekitar, adanya kecintaan gemar terhadap pembiasaan membaca, warga belajar lebih kreatif dalam mengumpulkan data informasi yang di butuhkan melalui teks buku bacaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Jendela PLS meliputi : Pengembangan sosial dan pembangunan masyarakat pendidikan orang dewasa dan andragogi pendidikan keluarga, gender dan anak usia dini pendidikan kecakapan hidup pemberdayaan masyarakat model, strategi dan metode pelatihan dan kursus model, strategi dan ...