Bio Ilmi: Jurnal Pendidikan
Vol 6 No 2 (2020): Bioilmi: Jurnal Pendidikan

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP STRATEGI PERKULIAHAN “STUDENTS AS RESEARCHERS” DALAM MELATIH KEMAMPUAN SELF REGULATION MAHASISWA

Febblina Daryanes (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap strategi “Students as Researchers” dalam melatihkan kemampuan self regulation mahasiswa. Penelitian ini memberikan alternatif strategi perkuliahan yang dapat dilakukan untuk melatihkan kemampuan self regulation mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif . Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa pendidikan Biologi Universitas Riau. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Biologi semester 3 (tiga) kelas A yang mengambil matakuliah Media Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021 yang mengikuti perkuliahan dengan strategi “Students as Researchers”. Instrumen pada penelitian berupa angket respons mahasiswa dan lembar wawancara. Pertanyaan pada angket menekankan pada jabaran indikator pencapaian kemampuan self regulation mahasiswa melalui strategi perkuliahan “Students as Researchers”. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dari angket dianalisis berdasarkan persentase respons mahasiswa terhadap ketercapaian indikator self regulation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respons positif terhadap strategi perkuliahan “Students as Reserchers” dalam melatihkan kemampuan self regulation mahasisswa sebesar 96,4% berada pada kategori sangat baik, dengan rincian indikator menyusun rencana secara efektif, menyadari dan menggunakan sumber-sumber informasi yang diperlukan, dan sensitif terhadap umpan balik sebesar 100%, indikator mengevaluasi keefektifan tindakan sebesar 94,7%, dan indikator menyadari pemikirannya sendiri sebesar 90,4%. Dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan mahasiswa memberikan respons positif terhadap strategi perkuliahan “Students as Researchers” dalam melatih kemampuan self regulation mahasiswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BIOILMI

Publisher

Subject

Education

Description

The issues of these journals include, but not limited to, practices and researches in Biology Education which cover the areas of instruction, learning, teaching methods, pedagogical techniques, curriculum development; programm, syllabus, and materials designs; educational technology, and ...