Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi
Vol 1, No 2 (2016): November

Transmisi Nilai Prososial pada Remaja Jawa

Lestari, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2016

Abstract

Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar memiliki kekayaan alam dan keanekaragaman budaya serta berbagai suku bangsa yang tersebar di wilayahnya. Salah satu suku bangsa yang memiliki jumlah yang besar adalah suku Jawa. Pada masyarakat Jawa nilai-nilai tentang kerukunan, jujur, hormat, gotong royong, tepo sliro, eling lan waspodo, sabar sareh narimo, tulung tinulung (prososial) dan sebagainya diajarkan sec ara turun temurun agar nilai-nilai tersebut menjadi karakter masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana transmisi nilai-nilai prososial (tulung tinulung) pada remaja Jawa. Subyek penelitian berjumlah 95 remaja yang memiliki orangtua (ayah dan ibu) Jawa, berbahasa Jawa sebagai bahasa ibu dan tinggal di Surakarta. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transmisi nilai prososial dilakukan secara vertikal (orangtua kepada anak), miring (guru, tetangga, extended family) dan horisontal (teman). Adapun proses transmisi melalui sosialisasi, enkulturisasi dan akulturasi menggunakan berbagai macam metode seperti modelling, pemberian nasehat, ajakan, cerita, menyuruh, penguatan dan media. Berdasarkan temuan ternyata keluarga merupakan pihak pertama tempat anak mengenal dan belajar nilai prososial dan ibu memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan nilai prososial pada anak-anaknya.  Kata kunci : jawa, prososial, transmisi nilai

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

indigenous

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi is a media for Psychology and other related disciplines which focus on the finding of indigenous research in ...