Jurnal Pendidikan Islam
Vol 4, No 1 (2020): Juni

Peran Pembina Asrama dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren

Basyaruddin, M. Ali (Unknown)
Khoiruddin, M. Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2020

Abstract

Pembelajaran di pondok pesantren tidak sepenuhnya berjalan lancar, banyak persoalan yang dihadapi santri saat mereka berada di asrama seperti muncul kejenuhan dalam belajar, timbul rasa malas, kebosanan, stress dan keletihan karena padatnya aktifitas kegiatan. Kehadiran dan peran pembina asrama sebagai kepanjangan tangan Kiai dibutuhkan untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada santri dalam menjalankan aktifitas sehari-hari di asrama sesuai dengan aturan yang ditetapkan pondok pesantren, mulai bangun tidur, salat berjamaah, belajar, musyawarah, jamiah, hafalan, sampai mereka tidur kembali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, tempat penelitian di Asrama Pondok Pesantren Lirboyo HM Putra Al-Mahrusiyah Kota Kediri. Sumber data didapatkan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan pembina asrama bertanggungjawab terhadap kegiatan santri di asrama di antaranya kegiatan jamiah, Sorogan kitab, pengajian Sorogan dan bandongan, musyawarah, lalaran kitab dan beberapa kegiatan wajib lainnya. Menurunnya belajar santri disebabkan pergaulan, kelelahan, minat santri yang berbeda-beda. Sedangkan upaya yang dilakukan pembina asrama dalam meningkatkan belajar dengan cara memberi nasihat, perhatian khusus dan hukuman.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Islam (JPI) adalah jurnal ilmiah berkala sebagai media desiminasi hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah konsepsional dan hasil penelitian seputar pendidikan Islam ditinjau dari berbagai aspek dan sudut pandangnya. Jurnal ...