Jurnal Pendidikan Islam
Vol 3, No 1 (2019): Juni

Implementasi Metode Resitasi dan Ceramah pada Bidang Studi SKI di Madrasah Tsanawiyah

Solichin, Mujianto (Unknown)
Nuha, Ulin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2019

Abstract

Penggunaan metode yang tepat dalam pengajaran sangat penting, karena keberhasilan pengajaran tergantung kepada cocok tidaknya penggunaan metode pengajaran terhadap suatu materi yang diajarkan. Tujuan penelitian mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dilaksanakan metode resitasi dan ceramah, penerapan metode resitasi dan ceramah, peningkatan prestasi belajar siswa bidang studi SKI setelah menggunakan metode resitasi dan ceramah di MTs Darul Hikmah Beji Jogoroto Jombang. Jenis penelitian tindakan kelas dari teori Kurt Lewin terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas VII B sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data flow model dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian prestasi belajar siswa pada pra siklus sebesar 25%, siklus I meningkat sebesar 55%, dan siklus II meningkat sebesar 85%. Maka penggunaan metode resitasi dan ceramah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi SKI di kelas VII B MTs Darul Hikmah Beji Jogoroto Jombang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Islam (JPI) adalah jurnal ilmiah berkala sebagai media desiminasi hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah konsepsional dan hasil penelitian seputar pendidikan Islam ditinjau dari berbagai aspek dan sudut pandangnya. Jurnal ...