Jurnal Pendidikan Islam
Vol 4, No 1 (2020): Juni

Teori Humanistik dan Implikasi dalam Pembelajaran PAI di SMA Sains Alquran Yogyakarta

Mujib, Zulfikar (Unknown)
Suyadi, Suyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan mendeskripsikan tentang teori belajar humanistik dan dampak bagi pembelajaran PAI. Metode yang digunakan field research atau penelitian yang menggunakan teknik analisis dan menyimpulkan. Perolehan data dari pencatatan buku dan jurnal. Hasil penelitian ini berupa pengertian teori belajar humanistik, tokoh belajar humanistik yang meliputi: biografi Abraham Maslow, teori belajar humanistik Abraham Maslow dan implikasi Teori Abraham Maslow dalam Pendidikan Agama Islam. Kesimpulan teori humanistik bertujuan memanusiakan manusia semanusiawi mungkin. Proses pembelajaran dinilai efektif bila peserta didik memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik dalam rangkaian pembelajaran hendaknya berupaya agar cepat atau lambat dia dapat mengaktualisasikan dirinya sebaik mungkin.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Islam (JPI) adalah jurnal ilmiah berkala sebagai media desiminasi hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah konsepsional dan hasil penelitian seputar pendidikan Islam ditinjau dari berbagai aspek dan sudut pandangnya. Jurnal ...