Jurnal Pendidikan Islam
Vol 4, No 1 (2020): Juni

Perilaku Kepatuhan Siswa Madrasah Aliyah dalam Pencapaian Prestasi Belajar Akidah Akhlak

Maknun, Lu’lu’il (Unknown)
Mardliyah, Aina’ul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Kepatuhan adalah perilaku seseorang yang mempercayai, menerima dan melakukan sebuah tata tertib atau perintah yang berasal dari pemimpin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan kepatuhan siswa terhadap prestasi belajar akidah akhlak di Madrasah Aliyah Al-Ihsan Kalijaring Kalikejambon Tembelang Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase dan korelasi product moment. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu kepatuhan siswa dan prestasi belajar. Hasil penelitian diketahui melalui persentase bahwa kepatuhan siswa tergolong baik, dengan persentase = 80, 87 % dan prestasi belajar tergolong baik, dengan persentase = % dengan nilai  = 0,523, maka dapat dikonsultasikan pada tabel r product moment dengan jumlah sampel (N) = 37 diperoleh koefesien = 0,334 dengan taraf signifikansi 5%, hasilnya > = 0,523 > 0,334 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa “terdapat hubungan kepatuhan siswa terhadap prestasi belajar Aidah Akhlak kelas X di Madrasah Aliyah Al-Ihsan Kalijaring Kalikejambon Tembelang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Islam (JPI) adalah jurnal ilmiah berkala sebagai media desiminasi hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah konsepsional dan hasil penelitian seputar pendidikan Islam ditinjau dari berbagai aspek dan sudut pandangnya. Jurnal ...