Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen Keuangan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPN 13 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Informan penelitian adalah, kepala sekolah, guru, dan komite sekolah. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, display data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan manajemen keuangan di SMPN 13 Kota Bima sudah baik dan sesuai dengan prosedur pengelolaan keuangan pemerintah. Keadaan sarana dan prasarana yang kurang dibandingkan sekolah lain di Kota Bima diyakini menjadi salah satu penghambat peningkatan mutu pendidikan di SMPN 13 Kota Bima. Keadaan sarana dan prasarana yang kurang tersebut dikarenakan anggaran yang sedikit pula walaupun manajemen keuangan dari sekolah sudah bagus dan sesuai dengan prosedur, namun dalam hal pengadaan sarana dan prasarana dibutuhkan anggaran yang lumayan banyak. Dalam pelaksanaan program manajemen sekolah, strategi yang diterapkan yaitu tercapainya peningkatan mutu pendidikan, meliputi: sosialisasi program, analisis SWOT, pemecahan masalah, peningkatan mutu, dan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program sekolah
Copyrights © 2019