Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Vol 2 No 2 (2019): Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi

PENERAPAN MANAJEMEN KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 13 KOTA BIMA

Sukardi Sukardi (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen Keuangan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPN 13 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Informan penelitian adalah, kepala sekolah, guru, dan komite sekolah. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, display data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan manajemen keuangan di SMPN 13 Kota Bima sudah baik dan sesuai dengan prosedur pengelolaan keuangan pemerintah. Keadaan sarana dan prasarana yang kurang dibandingkan sekolah lain di Kota Bima diyakini menjadi salah satu penghambat peningkatan mutu pendidikan di SMPN 13 Kota Bima. Keadaan sarana dan prasarana yang kurang tersebut dikarenakan anggaran yang sedikit pula walaupun manajemen keuangan dari sekolah sudah bagus dan sesuai dengan prosedur, namun dalam hal pengadaan sarana dan prasarana dibutuhkan anggaran yang lumayan banyak. Dalam pelaksanaan program manajemen sekolah, strategi yang diterapkan yaitu tercapainya peningkatan mutu pendidikan, meliputi: sosialisasi program, analisis SWOT, pemecahan masalah, peningkatan mutu, dan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program sekolah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan EKonomi (PenKoMi) merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Jurnal PenKoMi memuat artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang pendidikan dan ekonomi, berisikan laporan hasil penelitian, hasil gagasan konseptual, dan critical review di bidang ...