Fasilitas belajar adalah tersedianya alat-alat yang dapat membantu siswa dalam kegiatan belajar, dalam hal ini fasilitas belajar yang telah disediakan oleh orang tua untuk menunjang kegiatan belajar siswa, misalnya meja belajar, alat tulis dan buku pelajaran. Tersedianya fasilitasbelajarakan memberi kemudahan dalam kegiatan belajarsehingga siswa dapat mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Prestasi belajar merupakan hasil yang telah dicapai oleh siswa baik itu berupa memahami, mengetahui, menujukkan sikap dan mengerjakan hal-hal yang diajarkan guru atau dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bima tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu melalui analisis statistik dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dan product moment. Hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bima Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan demikian semakin lengkap fasilitas belajar yang diberikan kepada siswa, maka akan meningkat pula prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2019