Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Vol 2 No 2 (2019): Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi

EFEKTIFITAS BIAYA PROMOSI DALAM MENJARING DANA MASYARAKAT PADA PT. BANK PESISIR AKBAR CABANG PEMBANTU AMBALAWI

arsad arsad (stkip bima)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2019

Abstract

Efektifitas adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dijalankan oleh seseorang atau kelompok yang dapat berhasil dengan baik dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Biaya promosi untuk menyaring dana masyarakat menjadi masalah yang cukup menarik dan penting untuk dilakukan penelitian karena berhubungan dengan efektifitas atau kinerja dari karyawan itu sendiri, karena kepuasan dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah Efektifitas Biaya Promosi Dalam Menjaring Dana Masyarakat Pada PT.Bank Pesisir Akbar Cabang Pembantu Ambalawi. Asumsi dalam penelitian ini adalah variabel mandiri yaitu, variabel yang tidak terikat dengan variabel lain, dalam hal ini adalah Efektivitas Biaya Promosi Dalam Menjaring Dana Masyarakat Pada PT.Bank Pesisir Akbar Cabang Pembantu Ambalawi. Instrumen dalam penelitian menggunakan kuisioner dengan skala likert, indikator penelitian ini yaitu: Reaksi positif dari masyarakat, Dikenal baik oleh masyarakat, Berminat menjadi anggota nasabah, Memberikan pelayanan yang memuaskan, Informasi mengenai berbagai macam promosi, membaca surat kabar atau koran, Memberikan keuntungan bagi nasabah, Nasabah sejak diterapkannya biaya promosi. Populasi sebanyak 30 orang dengan sampel sebanyak 30 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Efektifitas Biaya Promosi Dalam Menjaring Dana Masyarakat Pada PT.Bank Pesisir Akbar Cabang Pembantu Ambalawi cukup efektif dengan total skor 1551 atau 73,8% dari skor ideal sebesar 2100. Besarnya nilai standar deviasi sebesar 5,156 dan uji t untuk uji satu pihak sebesar 1,882. Nilai uji t lebih besar dibandingkan t tabel (1,882 > 5,156), maka hipotesis yang menyatakan “Diduga bahwa Efektivitas Biaya Promosi Dalam Menjaring Dana Masyarakat Pada PT. Bank Pesisir Akbar Cabang Pembantu Ambalawi 70% yang diharapkan dapat diterima. Sehubungan dengan Efektifitas Biaya Promosi Dalam Menjaring Dana Masyarakat Pada PT.Bank Pesisir Akbar Cabang Pembantu Ambalawi dapat diterima dengan baik oleh seluruh masyarakat yang dipromosikan, bersifat fleksibel dan dapat dijadikan sebagai petunjuk dan operasional serta memberikan manfaat untuk menghimpun atau menjaring dana masyarakat dimasa akan datang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan EKonomi (PenKoMi) merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Jurnal PenKoMi memuat artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang pendidikan dan ekonomi, berisikan laporan hasil penelitian, hasil gagasan konseptual, dan critical review di bidang ...