Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Melakukan Perakitan Sistem Kelistrikan dan Kelengkapan Tambahan Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan dapat Meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas XI TKR di SMKN 2 Kota Bima tahun ajaran 2019/2020”. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti mengadakan penelitian pada siswa kelas XI TKR di SMKN 2 Kota Bima tahun ajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa 29 orang, yang dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi (pengamatan), dokumentasi, dan tes. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa serta lembar tes tulis soal uraian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi (pengamatan), dokumentasi, dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa serta lembar tes tulis soal uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran Pemeliharaan Sistem Kelistrikan Kendaraan Ringan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI TKR SMKN 2 Kota Bima tahun ajaran 2019/2020. Ketuntasan hasil belajar peserta didik siklus I sebesar 62,06%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus I belum berhasil. Pada siklus II, menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 86,20%. Hal ini berarti pada siklus ini telah mengalami peningkatan dan dikatakan telah berhasil.
Copyrights © 2020